Maarten Paes, Tipis Peluang untuk Perkuat Timnas Lawan Irak, Ini Menurut Bung Ropan

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dalam beberapa hari terakhir, penggemar sepak bola Indonesia tengah bertanya-tanya tentang peluang Marteen Paes,penjaga gawang dari klub FC Dallas di Major League Soccer (MLS).

Marten Paes diharapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam laga melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Sayangnya, peluang Paes untuk bergabung dengan skuad Garuda tampak semakin tipis.

Maarten Paes, yang sebelumnya bermain untuk tim U21 Belanda, kini tengah berupaya untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Menurut regulasi FIFA, seorang pemain yang ingin berpindah federasi negara harus melakukannya sebelum usia 21 tahun.

Namun, Paes bermain untuk tim U21 Belanda saat sudah berusia 22 tahun, yang menimbulkan komplikasi dalam proses perpindahan federasi.

PSSI telah bekerja keras untuk mempercepat proses naturalisasi Paes. Pada 30 April lalu, Paes resmi diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia.

Meskipun demikian, hal ini belum cukup untuk memastikan keikutsertaannya dalam laga mendatang.

Proses ini kini berada di tangan Court of Arbitration for Sport (CAS), yang perlu memberikan persetujuan akhir.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa pihaknya terus berusaha maksimal agar Paes bisa segera bermain untuk Timnas Indonesia.

Namun, dengan waktu yang sangat mepet, yaitu kurang dari tiga minggu sebelum pertandingan melawan Irak, peluang ini dianggap tipis. “Kita doakan bersama dan tunggu saja prosesnya,” ujar Thohir.

Saat ini, Timnas Indonesia masih menunggu hasil dari CAS.

Jika proses ini tidak selesai tepat waktu, Paes kemungkinan besar baru bisa bergabung dalam laga berikutnya melawan Filipina atau bahkan di bulan September, apabila Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia.

Sementara menunggu kepastian dari Maarten Paes, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menyiapkan dua kiper lainnya, yaitu Adi Satrio dan Ernando Ari.

Dalam laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni mendatang, salah satu dari mereka akan diturunkan untuk menjaga gawang. Ernando Ari diperkirakan akan menjadi pilihan utama jika Paes tidak bisa bergabung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Terpilih Prabowo Subianto Tunggu Kondisi Megawati Fit

KORANBGOR.com,JAKARTA-Rencana pertemuan antara Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, masih menunggu waktu yang pas. Salah...

Berita Terkait