Piala AFF U-23 2023:Taklukkan Thailand Dengan Skor 3-1, Timnas Indonesia U-23 Maju Ke Babak Final

Harus Baca

KORANBOGOR.com,THAILAND-Timnas Indonesia U-23 maju ke final setelah menang atas Thailand U-23 di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Laga tersebut digelar di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB. Indonesia nempermalukan Thailand di kandangnya sendiri dengan skor 3-1, selanjutnya Indonesia akan menghadapi Vietnam di babak final.

Indonesia tampil menyerang sejak menit awal. Tim asuhan Shin Tae-yong pun mampu mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-10. Arkhan Fikri memberikan umpan kepada Sroyer, pemain asal Biak itu menahan bola sebelum akhirnya mancari posisi yang tepat untuk melepaskan tembakan. Bola ke sisi kanan gawang gagal diamankan pleh kiper, skor 1-0 untuk Indonesia. 

Skuad Garuda Muda tidak menurunkan tensi permainan mereka. Alfeandra Dewangga dkk menunjukkan semangat juang yang lebih baik daripada di dua laga sebelumnya. Tim Merah Putih memberikan tekanan di area yang lebih tinggi menyulitkan Thailand untuk membangun serangan meraka.

Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-23. Lemparan ke dalam oleh Robi Darwis mampu mencapai area tengah kotak penalti dan berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ferarri yang berdiri tanpa penjagaan.

Pemain Persija itu mengarahkan tandukan ke sisi kiri bawah gawang yang tidak terkawal oleh kiper. Skor 2-0 untuk Indonesia. 

Gol balasan diberikan oleh Thailand di menit ke-27. Gol tercipta dari situasi tendangan sudut. Thanison mengambil tendangan sudut, melepaskan umpan ke tengah kotak penalti, dan berhasi disambut dengan tandukan oleh Chukid dengan tandukan terbang mengarah langsung ke gawang, kedudukan berubah menjadi 1-2 untuk Thailand. 

Indonesia memainkan tempo permainan, dengan tenang memberikan tekanan. Serangan yang dibangun memaksa Thailand turun lebih jauh. Sananta menguasai bola tanpa penjagaan, ia melalukan percobaan dari jarak jauh di menit ke-34. Namun percobaannya itu masih meleset tipis dari sasaran.

Sananta kembali menyulitkan kiper Thailand dengan tembakan menysur tanah yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang di menit ke-40. Tapi peluang itu masih bisa dipatahkan oleh Siriwat dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Indonesia.

Gol bunuh diri Thailand menambah keunggulan Indonesia. Itu tercipta dari tendangan keras yang dilepaskan Haykal dari luar kotak penalti, bola ditanduk oleh Natcha tapi justru mengarah ke gawang. Itu menambahkan keunggulan Indonesia menjadi 3-1 atas Thailand.

Di babak kedua, Indonesia masih menunjukkan permainan yang tenang. Peluang dimiliki Sananta saat menerima umpan di depan gawang dari Arkhan, meski berada dalam posisi sulit, Sananta masih bisa melepaskan tembakan dengan kaki tiang dekat, tapi mampu ditepis oleh kiper.

Peluang lain dimiliki Sananta di menit ke-53, tandukannya ke sudut sempit mampu ditepis dan menghasilkan tendangan sudut. Ancaman juga tercipta dari situasi tendangan sudut, namun belum ada yang membuahkan gol bagi Indonesia. 

Thailand memiliki peluang di menit ke-65, Natcha melepaskan umpan ke tengah yang berhasil disambut dengan tandukan oleh Chukid. Tapi Ernando mampu melakukan penyelamatan penting untuk menepis bola gantung.

Dua menit berselang Ernando juga melakukan penyelamatan penting mematahkan peluang dari Chukid yang lolos dari offside saat serangan balik cepat.

Indonesia mampu mempertahankan fokus hingga menit akhir. Garuda Muda pun tetap menunjukkan permainan menyerang sekaligus bertahan dengan solid. Tim asuhan Shin Tae-yong berhasil mempertahankan skor 3-1 setelah tambahan waktu enam menit. 

(RED)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Piala Eropa 2024 : Belanda VS Polandia,Malam Ini

KORANBOGOR.com-Timnas Polandia akan menjamu Timnas Belanda pada pertandingan Grup D, Euro2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6) pukul 20.00 WIB. Pelatih...

Berita Terkait