Tunggu Tanggalnya,Fenomena BLUE MOON Akan Hiasi Langit

Harus Baca

 KORANBOGOR,.com,JAKARTA-Fenomena Super Blue Moon yang akan menghiasi langit malam diprediksi akan muncul pada akhir bulan ini, tepatnya pada 30 Agustus 2023 mendatang.

Fenomena Blue Moon sendiri diperkirakan akan terlihat di belahan bumi utara pada tanggal 30 Agustus 2023. Dilansir dari laman Science Times pada Jumat (25//8/2023), banyak spekulasi yang mengatakan jika bulan tersebut gerakannya akan berubah menjadi biru.

Alasan mengapa disebut sebagai Blue Moon lantaran terdapat dua bulan purnama dalam satu bulan. Meskipun bulan yang pertama dikenal sebagai Blue Moon, namun bulan lainnya belum diberi nama dan akan disebut sebagai bulan purnama biasa.

Kemunculan Blue Moon yang akan terjadi pada akhir Agustus ini dikabarkan bakal menjadi bulan terbesar dan paling terang pada tahun ini. Bulan Biru tersebut aka terbit pada 30 Agustus malam waktu Amerika Serikat.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memaparkan jika fase fenomena Bulan kali ini bukan hanya sekedar purnama biasa, tetapi fenomena Blue Moon, yang memiliki arti sebagai bulan purnama ketiga dalam satu musim yang mempunyai empat bulan purnama.

Penampakan Blue Moon terjadi setelah Super Sturgeon yang muncul di sisi berlawanan Bumi, dengan 100% cahayanya berasal dari Matahari. Bulan berikutnya yang muncul adalah Super Blue Moon, yang oleh sebagian orang disebut sebagai Fruit Moon.

Bulan super biru rata-rata hanya muncul sekali setiap 10 tahun, dan bulan purnama diperkirakan lebih besar dan terang dibandingkan bulan biru biasa.

Blue Moon ini juga merupakan Super Moon yang artinya bertepatan dengan perigee, yaitu titik orbit Bulan yang paling dekat dengan Bumi. Saat fenomena ini terjadi, jarak Bulan dan Bumi sekitar 357.344 km.

Salah satu planet dengan gas raksasa bercincin itu akan mengalami masa oposisi dalam beberapa hari ke depan, saat ia akan menghadap Matahari langsung dari Bumi, sehingga akan tampak sangat terang di langit malam.

Merujuk pada akun sosial media Instagram milik Organisasi Penerbangan dan Antarika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bagi masyarakat tanah air yang ingin melihat fenomena Blue Moon baru bisa melihat fenomena tersebut pada hari Kamis (31/8/2023) mulai pukul 20.35 WIB atau 21:35 WITA atau 22.35 WIT. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menanamkan Rasa Cinta NKRI, TNI Berikan Wasbang Di SMAN 1 Manggis

KORANBOGOR.com,KARANGASEM-Menyadari pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi anak sekolah, anggota Satgas TMMD ke-119 Kodim 1623/Karangasem, memberikan penyuluhan Wasbang kepada 40...

Berita Terkait