Beranda Pariwisata Lokal Jakarta Gempa Bumi 7,4 Magnitudo Guncang Tanah Bumbu Sulsel

Gempa Bumi 7,4 Magnitudo Guncang Tanah Bumbu Sulsel

0
30

KORANBOIGOR.comJAKARTA-BMKG melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (29/8). Pusat gempa berada di laut, 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu.

“Gempa terjadi pukul 02.55 WIB, terletak di kedalaman 10 kilometer pada koordinat 4,38 LS-116,90 BT,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Iman Fatchurochman melalui keterangan resmi, Selasa.

Ia mengatakan gempa bumi dirasakan di Tanah Bumbu dengan skala intensitas MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk melintas.

Getaran bahkan dirasakan hingga Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, Bantul, dan Blitar.

Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia. Pasalnya, sebagian besar wilayah Tanah Air berada di kawasan Cincin Api Pasifik yang merupakan rawan bencana. Jalur rangkaian gunung berapi aktif di sepanjang Samudra Pasifik menyebabkan wilayah yang berada di jalur tersebut sering mengalami gempa bumi

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini