Beranda Kesehatan Tiga Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Tiga Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

0
148

KORANBOGOR.com-Satu camilan atau makanan lezat yang banyak disukai oleh orang-orang ialah cokelat hitam. Namun, tahukah kamu bahwa cokelat hitam ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Melansir laman Healthline, dijelaskan bahwa cokelat hitam kaya akan nutrisi yang terkenal memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh Bahkan penelitian pun menunjukkan beragam manfaat yang bisa dihasilkan dari cokelat hitam.

Terbuat dari biji pohon kakao, ini adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa kamu temukan. Langsung saja, berikut ada tiga manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu ketahui. Seperti dikutip Healthline, berikut penjelasannya.

1. Dapat meningkatkan fungsi otak

Cokelat hitam diketahui dapat meningkatkan fungsi otak. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat tinggi flavanol  dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada usia muda.

Hal ini mungkin menjelaskan mengapa makan cokelat setiap hari tampaknya meningkatkan perhatian, pembelajaran verbal, dan memori. Flavonoid kakao juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa lanjut usia dengan gangguan kognitif ringan dan mengurangi risiko demensia. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Selain itu, kakao mengandung  stimulan seperti kafein dan teobromin, yang mungkin menjadi alasan penting mengapa kakao dapat meningkatkan fungsi otak  jangka pendek.

2. Dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanoid dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk memproduksi oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirimkan sinyal ke arteri untuk rileks, mengurangi resistensi aliran darah, yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Banyak penelitian terkontrol menunjukkan bahwa coklat dan coklat hitam dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya umumnya ringan.

3. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Senyawa dalam coklat hitam tampaknya sangat melindungi terhadap oksidasi LDL. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan berkurangnya kolesterol  di arteri sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Seiring berjalannya waktu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat atau coklat yang kaya flavanol dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah tinjauan penelitian menemukan bahwa makan coklat tiga kali seminggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 9%. Makan coklat lebih sering menunjukkan beberapa manfaat tambahan.

Demikian tiga manfaat cokelat hitam yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini