PPP:Bisa Koalisi,Asalkan Capres Ganjar,Wapresnya Prabowo

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi menilai, bisa saja tercipta koalisi yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto.

Asalkan syaratnya, Ganjar diusung sebagai bakal calon presiden (capres), sedangkan Menteri Pertahanan itu menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres).

“Bisa koalisi ke Pak Prabowo, asal capresnya Ganjar, cawapres Prabowo,” ujar Baidowi saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Kendati demikian, dia menilai, peluang untuk memasangkan Ganjar dengan Prabowo sudah tertutup. Karena PPP, bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sudah berkomitmen mengusung mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Di sisi lain, Koalisi Indonesia Maju yang berisikan empat partai politik di parlemen juga sudah menegaskan untuk mengusung Prabowo sebagai bakal capres. Sehingga, pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dipastikan akan diikuti oleh tiga poros koalisi.

“Kalau tidak ada sesuatu yang luar biasa ya akan tiga poros. Toh dengan tiga poros publik lebih banyak pilihan, bisa ada alternatif-alternatif dan itu bagus bagi demokrasi kita lebih menyehatkan,” ujar Baidowi.

PPP juga sudah menegaskan komitmennya dalam mengusung Ganjar sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024. Sebab, hal tersebut sudah menjadi keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) partai yang digelar pada pertengahan 2023.

“Rasa-rasanya agak sulit bagi PPP untuk keluar dari koalisi Ganjar, terbukti sudah beberapa kali kita mengikuti rapat dan kita serius rapatnya,” ujar Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa politik jelang Pilpres 2024 memang sangat dinamis dan segala hal masih mungkin terjadi. Namun, pihaknya tak memikirkan soal peluang Prabowo untuk dipasangkan dengan Ganjar.

“Sehingga kalau pertanyaannya tadi, mungkin nggak mungkin, justru saya belum kepikiran sampai di situ,” ujar Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Prabowo sendiri sudah diusung oleh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Koalisi tersebut sudah menyusun strategi hingga narasi yang akan disosialisasikan sebelum pemungutan suara Pilpres 2024.

“Amanat rapimnas itu kan dari Partai Gerindra calon presiden, lalu kemudian juga dukungan teman-teman koalisi itu kemudian mengusung Pak Prabowo sebagai capres,” ujar Dasco.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

SUVARNA SUTERA LUNCURKAN KLASTER AGRA UNTUK MILLENIALS

KORANBOGOR.,com,TANGERANG-Mengawali tahun 2024 dan setelah berlangsungnya pesta demokrasi atau Pemilihan Umum 2024 yang baru saja berlalu dengan aman,Suvarna Sutera,...

Berita Terkait