Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Upacara digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10).  

Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi hadir di lokasi acara pada pukul 07.54 WIB.  Presiden mengenakan jas hitam dan peci hitam, sedangkan Iriana mengenakan busana putih dengan ornamen slempang batik. 

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin turut hadir. Wapres mengenakan jas biru dan peci hitam, sedangakan Wury mengenakan busana yang senada dengan Iriana. 

Kepala dan Wakil Kepala Negara disambut oleh Menteri Pendidikan Kebudaayaan dan Riset Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Komandan Upacara Kombes Pol Andri Ananta Yudistira melaporkan ke Presiden bahwa upacara siap dilaksanakan.  

“Lapor Upacara Hari Kesaktian Pancasila siap dimulai,” ujar Andri. 

“Laksanakan,” jawab Presiden Jokowi. 

Selanjutnya, Presiden menginstruksikan untuk mengheningkan cipta. Hal ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

 “Utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Presiden.

Selanjutnya, pembacaan teks pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyala Mattalitti, pembacaan Undang-Undang 1945 oleh Ketua Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, pembaca dan pendatanganan ikrar oleh Ketua DPR Puan Maharani, diakhir dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. 

Kemudian, Presiden Jokowi membubarkan jalannya upacara. Presiden dan Wapres meninjau sumur lubang buaya. 

Upacara tersebut diikuti oleh sejumlah anggota TNI dari tiga matra dan Polri. Sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di kawasan Lubang Buaya ikut menjadi peserta upacara. 

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir. Seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekenonomian Airlangga Hartato, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir, Menteri Kordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Desak KPK Usut Sirekap KPU

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginvestigasi penggunaan anggaran untuk membuat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Desakan tersebut...

Berita Terkait