Road to 3X3 Indonesia, Ajang Unjuk Gigi Bagi Pebasket Berbakat 

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Para pecinta olahraga bola basket Indonesia bakal disuguhkan Road to 3X3 Indonesia League (Road to 3XL). Acara ini bakal diadakan tanggal 7 Oktober 2023 di Green Sedayu Mall Jakarta.

Acara Road to 3XL ini nantinya akan menjadi cikal bakal Liga 3×3 pertama yang akan dimiliki Indonesia.

Direktur Basket-ID Rizky Julian Rifai menjelaskan ajang ini menjadi salah satu bentuk nyata konsistensi Indonesia dalam mendulang poin, baik poin federasi ataupun poin pemain di FIBA. 

Poin tersebut nantinya akan berhubungan erat dengan kehadiran Indonesia di event-event resmi milik FIBA.  Dengan kategori yang mencakup Under-16, Under-20, Corporate, dan Elite,

Road to 3XL menawarkan panggung yang unik bagi pemain di semua tingkatan usia dan tingkat keahlian.

Rizky menyebut Road to 3XL ini jadi langkah awal dari Basket-ID untuk mengembalikan minat masyarakat dalam meramaikan olahraga 3X3 di Indonesia. 

“Pada awal kemunculan olahraga 3X3, Indonesia pernah menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di kancah internasional.

Rangkaian acara Road to 3XL merupakan upaya pertama Basket-ID untuk kembali menggairahkan 3X3 di Indonesia,” ungkapnya. 

Acara ini akan dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan bola basket dan tercatat secara resmi di website FIBA sehingga Road to 3XL juga dapat berfungsi sebagai ajang unjuk gigi untuk pemain berbakat yang dapat mewakili Indonesia dalam kompetisi basket 3X3 internasional di masa depan.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas basket lokal, perusahaan, dan federasi, Road to 3XL diharapkan akan menjadi acara olahraga yang sangat menarik dan berkesan.

Ini adalah kesempatan emas bagi pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka dan menginspirasi generasi berikutnya dalam dunia basket”, ujar Rizki.

Adapun tahap pertama Road to 3X3 Indonesia League ini berlangsung sampai 18 Oktober 2023. T

ahap kedua pada Juli-Agustus 2024 yang rencana dilangsungkan di luar Jakarta. “Rencana besar kami ada di 2024.

Tahun depan kami akan menghadirkan liga 3×3 dengan para tim profesional,” ujarnya. 

Road to 3XL juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dengan hadirnya liga profesional 3×3, prestasi Indonesia di kancah internasional akan semakin menajam.

“Tentunya masyarakat Indonesia menantikan tim nasional 3×3 bisa berprestasi di panggung dunia dan tampil di Olimpiade nantinya,” ungkap Asisten Deputi IV Kemenpora, Bayu Rahardian. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

 J Balvin Hingga XG Siap Beraksi Di We The Fest 2024 Hari Ini

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Festival musik,We The Fest2024 (WTF24) akan dimulai hari ini, Jumat (19/7) hingga Minggu (21/7) di GBK Sports Complex, Senayan,...

Berita Terkait