Merayakan Literatur Australia – Indonesiapada Perayaan 20 Tahun Ubud Writers & Readers Festival 2023

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, membuka diskusi panel ‘Hubungan yang Langgeng: Merayakan Persahabatan Australia-Indonesia’ pada Sabtu, 21 Oktober di Ubud Writers & Readers Festival 2023 (UWRF).

Panel ini menampilkan jajaran pembicara ternama, antara lain Janet DeNeefe – pendiri dan direktur UWRF, Riri Riza – sutradara film pemenang penghargaan, Elena Williams – anggota dewan Australia-Indonesia Institute dan pendidik, Abdi Karya – seniman yang diakui secara internasional, dan Dr. Kirrilee Hughes – konsultan pendidikan dan peneliti.

Para tamu dan peserta yang hadir menikmati diskusi menarik  tentang  apa makna, bagi Australia dan Indonesia, sebagai tetangga dekat dan bagaimana kedua negara mempertahankan hubungan yang kuat. 

Membahas seputar sejarah yang telah lama terjalin, termasuk perdagangan antara masyarakat Makassar dan Yolŋu yang telah berlangsung sejak lama, hingga contoh terbaru seperti para siswa New Colombo Plan dan penerima Australia Award, serta menunjukkan bahwa hubungan antarwarga menjadi inti dari kisah kami.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, mengatakan bahwa festival ini merupakan contoh yang luar biasa untuk memperkuat saling pengertian antara Australia dan Indonesia.

“Saya senang Pemerintah Australia terus mendukung UWRF sebagai platform lintas budaya untuk membangun pemahaman antarbudaya dan hubungan jangka panjang antara komunitas sastra Australia dan Indonesia,” katanya.

Tahun ini menandai ulang tahun ke-20 Ubud Writers & Readers Festival (UWRF). Festival ini terus menarik perhatian para talenta Australia, termasuk penulis fiksi dan nonfiksi, penyair, manajer seni, pemimpin industri, dan akademisi.

“Selama dua dekade terakhir, festival ini telah menjadi wadah untuk merayakan kualitas dan keragaman penulis di kedua negara,” ujar Duta Besar Williams.

Kedutaan Besar Australia di Jakarta dan Konsulat Jenderal Australia di Bali telah menjadi pendukung setia festival ini sejak penyelenggaraan perdananya di tahun 2004.

Media Enquiries: Public-Affairs-JAKT@dfat.gov.au

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Dugaan Korupsi PT Telkom, Menteri Sakti Wahyu Trenggono Tak Penuhi Panggilan KPK

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono. KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berhalangan untuk memenuhi panggilan KPK,...

Berita Terkait