Mengintip Benda-Benda Langit Yang Hiasi Langit Jakarta

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Ratusan orang dari berbagai usia pada Rabu (25/10) malam lalu berkumpul di pelataran Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Mereka terlihat antusias untuk melihat benda-benda langit yang menghiasi langit Jakarta.

Antrean mengular bahkan sudah terlihat sejak pelataran Theater Kecil  TIM, sejak pukul 18.30 WIB. Kegiatan ini dibuka dengan edukasi oleh seorang pemandu terkait benda-benda langit yang akan dilihat pengunjung.

“Jadi ini agendanya adalah peneropongan benda langit malam ini dilaksanakan oleh Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, agar bisa mengedukasi masyarakat, khususnya warga Jakarta,” kata Ketua Satuan Pelaksana Edukasi Informasi dan Pelayanan Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Nurul Iman.

“Kegiatan ini sebetulnya ada sudah lama banget dari awal ada planetarium tahun 60-an memang sudah ada. Ini rutin, biasanya setiap dalam satu bulan itu kita gelar 5-4 hari,” imbuhnya.

Menyediakan dua tropong berukuran besar, dalam kegiatan itu seluruh peserta dapat melihat langsung benda-benda langit. Dalam kegiatan mereka akan didampingi para pemandu.

Dijelaskan Iman, dalam peneropongan masyarakat dapat melihat banyak benda-benda langit. Tidak hanya bulan, tapi juga planet-planet dan bintang. Jika beruntung, masyarakat pun dapat menyaksikan komet.

“Jadi kami biasanya di awal setelah Maghrib ada namanya pemberian materi. Itu kurang lebih sekitar 1 jam sampai 1,5 jam.

Setelah itu dilanjutkan peneropangan melalui teleskop. Jadi ada dua, pemberian materi dan observasi langsung melalui teleskop,” jelas Iman. Menurutnya kegiatan ini dibuka secara gratis untuk seluruh masyarakat.

Bagi mereka yang mau mengikuti kegitan ini dapat mendaftar langsung melalu akun Instagram resmi Taman Ismail Marzuki.

Meskipun gratis, Iman mengatakan kegiatan ini digelar secara terbatas. Setiap kegiatan hanya dapat menampung 100-150 peserta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menanamkan Rasa Cinta NKRI, TNI Berikan Wasbang Di SMAN 1 Manggis

KORANBOGOR.com,KARANGASEM-Menyadari pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi anak sekolah, anggota Satgas TMMD ke-119 Kodim 1623/Karangasem, memberikan penyuluhan Wasbang kepada 40...

Berita Terkait