Jadi Komitmen,Capres Ganjar Pranowo Danau Toba Menjadi Wisata Kelas Dunia

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Ganjar Pranowo mengaku takjub dengan kecantikan Danau Toba. Dia melihat ada potensi besar agar Danau Toba ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

“Danau Toba dan area ini sangat cantik sekali, saya kira bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia,” kata Ganjar dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat di Pelabuhan Muara di Hutana Godang, Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (12/11).

Karena itu, mantan Gubernur Yogyakarta ini juga menegaskan komitmennya untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Ganjar juga berencana untuk melibatkan masyarakat setempat dalam memahami dan mengelola potensi pariwisata.

“Masyarakat harus terlibat dari desain produk hingga infrastruktur pariwisata, serta tetap menjaga keberlanjutan ekosistem dan warisan budaya,” katanya.

Di Danau Toba ini, juga Ganjar menyempatkan untuk meninjau produk-produk UMKM lokal. UMKM lokal ini sangat ia apresiasi para anak muda karena telah menonjolkan budaya.

Bahkan ada ‘emak-emak’ yang rutin membuat kain secara manual untuk diperjualbelikan.

“Tadi ditunjukan produk UMKM yang bagus sekali, kreasinya bagus. Anak-anak mudanya punya desain-desain yang bagus, terus kemudian para seniornya bisa buat kerajinan yang sangat bagus dan indah sekali,” papar Ganjar. 

Ganjar juga mendorong pemberian narasi pada setiap corak produk untuk memperkenalkan proses, filosofi, dan teknologi tinggi yang terlibat.

“Tadi saya minta agar narasi dari setiap corak yang ada, agar masyarakat yang ada di luar mengerti prosesnya, filosofi pewarnaanya, bahwa ini memiliki teknik yang tinggi. Harusnya punya tekonologi yang cukup bagus, tentu ini bisa mendukung potensi parwisata yang ada disini,” pungkas Ganjar


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPK : 4 Pimpinan DPRD Jatim Tersangka

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Empat pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengembangan penyidikan perkara yang...

Berita Terkait