Jika Terpilih Jadi Presiden, Ganjar : Internet Gratis Berkecepatan Tinggi Bagi Pendidikan dan Industri Kreatif

Harus Baca

KORANBOGOR.com,KALTIM-Calon presiden (Capres) nomor urut 3,Ganjar berkomitmen mempercepat pembangunan infrastruktur digital bagi pelajar, berupa layanan internet berkecepatan tinggi secara gratis di sekolah. Fasilitas itu guna mendukung kemajuan pendidikan dan industri kreatif. 

Selain sebagai fasilitas penunjang pendidikan, layanan internet dengan kecepatan tinggi juga diharapkan memberikan dampak positif pada tumbuhnya industri kreatif.

Pengamat keamanan Siber dan Forensik Digital dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengapresiasi keinginan Ganjar yang menghadirkan internet gratis. Menurutnya, itu akan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

“Harusnya internet memang gratis karena sudah menjadi salah satu infrastruktur bagi masyarakat untuk mengakses informasi. Kalau internet bisa merata akan memberikan akses pada banyak hal,” kata Alfons kepada JawaPos.com, Kamis (7/12).

Alfons mengharapkan, gagasan itu tak hanya sekadar janji politik. Tetapi bisa direalisasikan dengan waktu yang lama.

“Hanya saja jangan dijadikan proyek dan sifatnya jangka pendek,” papar Alfons.

Alfons mengutarakan, negara lain seperti Singapura sudah berpacu artificial intelligence (AI). Sementara Indonesia masih berkutat pada pemerataan koneksi internet.

“Itu yang harus disadari oleh pemerintah,” tegas Alfons.

Sementara itu,Ganjar memastikan akan menghadirkan internet gratis. Ganjar Pranowo ingin, agar kreatifitas anak bangsa tumbuh pesat di tengah perkembangan digital.

“Internet gratis untuk sekolahan dan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk kecepatan internet. Ini penting agar kemudian industri kreatif tumbuh dan anak-anak bisa mendapatkan akses yang bagus untuk internet sehingga literasi digitalnya akan tambah bagus,” kata Ganjar saat berdikusi bersama dengan para mahasiswa Balikpapan bertajuk ‘Gratisin! Internet Super Cepat, Gratis dan Merata‘ di Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (7/12).

Capres Ganjar menjelaskan, internet cepat bisa diakses di public space, namun jika dirinya terpilih menjadi Presiden, akan memulai akses internet cepat di sekolah-sekolah. Hal itu diharapkan, agar ide-ide kreatif anak muda akan mendapatkan ruang yang bagus dan kemudian mereka akan bisa berkembang dengan talentanya.

Penyediaan internet secara gratis dengan kecepatan tinggi, lanjut Capres Ganjar Pranowo , tentunya akan mendukung peningkatan wawasan dan keterampilan anak muda, serta meningkatkan literasi digital. 

“Ada anak muda yang berbakat yang ingin berkontribusi. Ada anak muda yang berbakat, ada kesempatan yang harus diraih, tapi harus ada keterampilan dan pengetahuan yang cukup. Dan semua itu bisa didapatkan kalau kemudian kita belajar. Belajar itu macam-macam, bisa formal, nonformal tapi satu yang bisa kita dorong, yaitu internet”, jelas Ganjar di hadapan anak muda Balikpapan. 

Meski demikian, Ganjar tak memungkiri adanya potensi dampak negatif dari penggunaan internet. Untuk itu, dia menekankan perlunya pengawasan orangtua dan guru dalam penggunaan internet. 

“Orangtua dan gurunya juga harus paham betul tentang literasi digital, sehingga bisa mengawasi  penggunaan internet bagi anak-anak. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi internet gratis untuk para pelajar ini,” ucap Ganjar .

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo juga menyatakan bahwa perjalanan kampanyenya berkeliling Indonesia adalah untuk memetakan visi misi Ganjar-Mahfud.

“Akses kesehatan, akses pendidikan berikutnya adalah infrastruktur yang harus merata yang keempat adalah perlu adanya afirmasi di daerah tertentu.

Selain itu tentu saja juga muncul good governance. Pemerintahan yang bersih, anti korupsi dan itu ternyata menjadi harapan masyarakat. Insya Allah kita lakukan,” pungkas Ganjar Pranowo. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Piala Eropa 2024 : Belanda VS Polandia,Malam Ini

KORANBOGOR.com-Timnas Polandia akan menjamu Timnas Belanda pada pertandingan Grup D, Euro2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6) pukul 20.00 WIB. Pelatih...

Berita Terkait