Sharp Indonesia dukung program revitalisasi SMK Pemprov DKI Jakarta

Harus Baca

Foto 1 : Perwakilan Sharp Indonesia bersama perwakilan SMKN 29 Jakarta menunjukan MoU kerjasama yang telah ditandatangani kedua belah pihak yang disaksikan oleh dinas pendidikan Jakarta

Foto 3 : Prosesi pengguntingan pita yang dilakukan oleh perwakilan Sharp bersama perwakilan SMKN 29 Jakarta dan Perwakilan Dinas Pendidikan saat peresemian program Sharp Class

 Foto 4 : Perwakilan Sharp bersama perwakilan SMKN 29 Jakarta dan perwakilan dinas pendidikan Jakarta melihat proses pelatihan program Sharp Class di SMKN 29 jakarta

Dari kiri foto ke kanan foto

·Yahya Iskandar, S.Pd, M.M, Kepala Sekolah SMKN 29 Jakarta

·Lise Tiasanty,S.IP,M.M,Head of Customer Service Division,PT Sharp Electronics Indonesia

·H.Ramli,Kasi Kelembagaan dan sumber belajar dinas pendidikan Provinsi DKI Jakarta

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menurut data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik(BPS) pada Febuari 2023 lalu menyatakan jika tingkat pengangguran terbuka (TPT)tamatan SMK masih menjadi yang tertinggi sebesar 9.60% dibandingkan dengan tamatan jenjang pendidikan lainnya.

Salah satu penyebabnya adalah kurang sesuainya keterampilan yang dimiliki oleh siswa SMK terhadap kebutuhan dunia industri.

Sejak tahun 2012 lalu, PT Sharp Electronics Indonesia telah menjalankan program ‘Sharp Class’ sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan, guna membantu program pemerintah dalam menekan angka tersebut.

“Melalui Sharp Class, Sharp Indonesia melakukan pendampingan dan pelatihan kepada siswa-siswi SMK oleh teknisi profesional untuk mempersiapkan mereka menjadi lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia industri serta memberikan kesempatan untuk bekerja bagi lulusan terbaik”, jelas Lise Tiasanty, S.IP,MM, Head of CS Division Senior Manager.

Kegiatan yang dilakukan oleh Sharp Indonesia sejalandengan program pemerintah

‘Revitalisasi SMK’,yang bertujuan untuk memperbaiki fasilitas fisik,kurikulum ,sumber daya manusia dengan melakukan sinergi antara perusahaan dan sekolah untuk melakukan sinkronisasi kurikulum agar tamatan SMK memiliki keterampilan yang dibutuhkan industri,pembelajaran praktek oleh guru tamu ,praktik kerja lapangan,sertifikasi siswa,hingga memberikan konsep pembelajaran seperti keadaan pekerjaan yang sesungguhnya.

Kali ini Sharp Class hadir di kota Jakarta dengan melakukan kerjasama dengan SMKN 29 Jakarta Selatan.

Sebanyak 25 siswa terbaik telah terpilih mengikuti Sharp Class selama 2bulan. “Kamimengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan,kami sudahmenunggu sejak lama,agar Sharp Class bisa diselenggarakan disekolah kami.

Semoga ke depannya kerjasama ini dapat terus berlanjut dan murid-murid kami mendapatkan kesempatan bekerja di Sharp’,ungkap Yahya Iskandar, S.Pd,M.M Kepala Sekolah SMKN 29 Jakarta.

Penandatangan MoU kerjasama antara PT Sharp Electronics Indonesia dan SMKN 29 Jakarta di diwakilkan oleh Lise Tiasanty,S.IP,MM,selaku Head of CS Division,PT Sharp Electronics Indonesia dan Yahya Iskandar,S.Pd,M.M selaku Kepala Sekolah SMKN 29 serta disaksikan oleh Purwo Susilo,M.Pd,Plt Dinas Pendidikan Jakarta.

Guna menunjang proses belajar berjalan lancar dan nyaman Sharp indonesia telah melakukan renovasi ruang kelas dan melengkapinya dengan fasilitas berupa AC,Android TV 42”, speaker active serta peralatan praktek yang akan digunakan oleh seluruh siswa.

Tidak hanya memberikan materi berupa pelatihan sebagai teknisi, Sharp Indonesia pun akan memberikan pengetahuan dan pelatihan profesional dunia kerja, seperti sikap dan perilaku serta kepemimpinan.

Menurut Lise saat ini teknisi tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk praktek, namun harus mengerti pola komunikasi dan membantu mengarahkan konsumen.

“Harapan kami semoga program Sharp Class yang akan berjalan selama 2 bulan dapat memberikan manfaat besar bagi para peserta dan dapat andil dalam upaya meningkatkan lebih banyak penyerapan tenaga kerja siswa SMK sesuai dengan program pemerintah pusat serta bisa menjadi insipirasi bagi perusahaan swasta lainnya untuk dapat melakukan program yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.” tutup Lise.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menanamkan Rasa Cinta NKRI, TNI Berikan Wasbang Di SMAN 1 Manggis

KORANBOGOR.com,KARANGASEM-Menyadari pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi anak sekolah, anggota Satgas TMMD ke-119 Kodim 1623/Karangasem, memberikan penyuluhan Wasbang kepada 40...

Berita Terkait