Didebat Cawapres Mahfud Sebut Food Estate Proyek Gagal

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud Md menyebut program lumbung pangan nasional yang dikenal sebagai food estate merupakan proyek gagal yang merusak lingkungan.

Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu menyampaikan hal tersebut saat mengawali paparannya dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Awalnya, Mahfud menceritakan pengalamannya saat memimpin Mahkamah Konstitusi (MK) dan menyidangkan permohonan uji materi atas undang-undang mengenai sumber daya alam (SDA) pada Juni 2011.

“Sebagai ketua MK, saya membuat vonis bahwa sumber (daya) alam memihak rakyat harus lewat empat cara, (yaitu) pemanfaatan, pemerataan, partisipasi rakyat, penghormatan terhadap hak-hak yang diwariskan oleh leluhur,” kata Mahfud. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Kabinet Indonesia Maju itu menegaskan keempat empat cara tersebut merupakan upaya untuk menyukseskan sumber daya alam dan pertanian di Indonesia. Namun, Mahfud menilai pemerintahan saat ini tidak mengerjakan hal itu.

“Kami (Ganjar – Mahfud, red) akan gunakan itu (empat cara menjadikan SDA untuk rakyat, red), tetapi saya tidak melihat pemerintah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita,” ujar mahaguru ilmu hukum tersebut.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan dirinya dan Ganjar punya program khusus untuk petani dan nelayan. Nama program itu ialah Petani Bangga Bertani, dan ‘Di Laut Nelayan Sejahtera’.

Melalui program tersebut, Ganjar dan Mahfud akan memanfaatkan SDA yang sesuai dengan 4 cara sebagaimana dipaparkannya.

“Jangan misalnya, seperti food estate, yang gagal dan merusak lingkungan. Yang benar saja, rugi, dong, kita,” kata Mahfud dalam debat bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sharp Indonesia – Rayakan Pendirian Pabrik ke Sepuluh Tahun Sharp Gelar Pesta Rakyat

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Keberhasilan Sharp mempertahankan bisnisnya selama lebih dari 5o tahun di Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan kesetiaan karyawan serta...

Berita Terkait