Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana di MK

Harus Baca

KORANBOGOR.COM.JAKARTA. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) siap mengikuti sidang perdana perselisihan hasil pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (27/03). 

Ganjar-Mahfud bersama seluruh tim hukum tampil gagah  mengenakan setelan jas  hitam, tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi, pada sekitar pukul 12.00 WIB. 

Kepada awak media, Ganjar menyampaikan, bersama Mahfud  siap mengikuti sidang perdana di MK. Keduanya, telah diberi masukan dan laporan  lengkap dari tim kuasa hukum. 

“Tim hukum kami, semuanya sudah menyiapkan dengan sangat baik dan ini (kasih tunjuk dokumen) cukup bagus. Tadi kita sudah melihat persidangan yang pertama dan saya kira kita tinggal mengikuti saja. Insya Allah semua berjalan baik,” jelas Ganjar. 

Dia menjelaskan, paslon nomor urut 3 akan menyampaikan permohonan atas perselisihan hasil pemilu kepada MK dengan lebih rinci, khususnya terkait dugaan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM). 

“Kalau kita bicara mana yang terstruktur, yang sistematis, yang massif, yang mempengaruhi juga yang berdasarkan data, dan fakta,” ungkap Ganjar. 

Selain itu, lanjutnya, akan ada saksi-saksi yang  siap memberikan keterangan, termasuk saksi ahli. Diharapkan semua itu menjadi satu materi yang akan membuktikan dugaan kecurangan Pemilu 2024. 

“Biar itu semua dibuktikan. Sekali lagi, saya tidak akan berkomentar di luar persidangan. Kalau sudah masuk Persidangan biar nanti hakim yang mendengar dan memutuskan,” ujar Ganjar. 

Dia memutuskan, sebagai prinsipal nantinya MK akan memberikan kesempatan untuk statement dari paslon nomor urut 3. Hal itu akan menjadi kesempatan bagi Ganjar-Mahfud untuk menyampaikan kepada publik hal-hal yang menjadi fokus dari pengajuan permohonan perselisihan hasil pemilu ke MK. 

“Kami akan menyampaikan kepada publik secara lebih filosofis, mengambil fakta-fakta yang ada di lapangan dan lebih jauh kita berpikir bagaimana demokrasi berjalan dengan baik untuk bangsa dan negara ini. Nanti untuk teknis adalah kawan-kawan yang ada di tim hukum,” kata Ganjar. 

Capres berambut putih itu mengungkapkan,  pernyataan di hadapan Hakim MK akan disampaikan Ganjar-Mahfud secara bersama-sama. Pasalnya, Mahfud juga memiliki pengalaman  sebagai hakim MK. 

“Beliau sangat menguasai dan ahli pada soal hukum, sehingga mudah-mudahan bisa saling melengkapi dan juga persidangan ini akan menjadi perhatian publik yang menarik, legit, dan masuk akal,” kata Mahfud.

Sementara itu, Ketua Tim Kuasa Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menyatakan telah mengajukan tambahan bukti-bukti ke MK terkait perselisihan hasil pemilu. 

“Kita sudah sampaikan tambahan bukti-bukti ya, jadi sudah lengkap. Bahwa kita akan mengajukan tambahan bukti itu terbuka. Tetapi yang sementara ini sudah semuanya kita sampaikan ke Mahkamah Konstitusi.

Menurut jadwal,  sidang di MK berlangsung pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Baik Ganjar maupun Mahfud  akan menyampaikan pidato pengantar dalam sidang itu. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hati-Hati Bangun Tangga di Rumah : Cek Pedoman Membangun Tangga yang Ideal dari Gravel

KORANBOGOR.com,JAKARTA-angga merupakan elemen penting dalam rumah yang menghubungkan antar lantai yang menjadi jalur lintas penghuni rumah. Namun, tahukah Anda...

Berita Terkait