Menteri Keuangan Lapor Kondisi Ekonomi Ke Presiden Jokowi

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah melaporkan kondisi Ekonomi di tengah pelemahan nilai Rupiah kepada Presiden Jokowi Srimul melihat dari sisi fundamental dalam kondisi yang aman.

Srimul mencontohkan seperti indeks penjualan riil masyarakat yang mencerminkan konsumsi masyarakat mengalami pemulihan. Hal ini mulai terlihat sejak Mei-Juni.

“Kemudian Mandiri Spending Index (MSI), confidence masyarakat, PMI semuanya masih dalam relatif terjaga dan ini menjadi pondasi yang cukup baik untuk memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kita di kuartal II/2024 ini yang masih terjaga seperti yang terjadi di kuartal I/2024,” ujar Srimul dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juni 2024.

Selain itu, dari sisi kredit perbankan mengalami kenaikan. Terlihat dari jumlah ekspansi kreditnya baik kredit investasi, modal kerja, dan konsumsi mengalami hal yang positif atau meningkat cukup baik.

“Jumlah kredit juga mencapai growth juga mencapai 12,3 persen total peningkatan dari pihak ketiga juga meningkat 8,1 persen,” jelasnya.

Sementara itu, dari sisi global, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memantau perkembangan perekonomian di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan China. Negara-negara tersebut memiliki potensi pengaruh secara langsung terhadap perekonomian Indonesia.

“Itu (situasi global) akan kita pantau bagaimana meminimalkan dampak negatif kalau terjadi keputusan mengenai fed fund rate, yang beberapa kali akan menurunkan Suku Bunga dan juga perkembangan di Eropa,” terangnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Samsung Siapkan Ponsel AI Masa Depan

Foto: Samsung Galaxy Z Fold 6 (Istimewa) KORANBOGOR.com-Galaxy AI menjadi salah satu fitur andalan yang dibawa perangkat terbaru Samsung, termasuk...

Berita Terkait