“De Oranje” Belanda Unggul VS Turki ,Maju Ke Semifinal Piala Eropa 2024

Harus Baca

KORANBOGOR.comBelanda mampu lolos dari lubang jarum untuk mengunci tiket terakhir semifinal Piala Eropa 2024. Tertinggal lebih dulu dari Turki di babak pertama, De Oranje bangkit untuk mencetak 2 gol balasan di babak kedua sekaligus memastikan kemenangan mereka.

Belanda terkesan lebih berani dalam melakukan serangan dalam laga perempat final Piala Eropa 2024 yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Minggu dinihari WIB (7/7). Sejumlah peluang pun berhasil dikreasikan pasukan De Oranje.

Namun, tendakan Xavi Simons maupun Cody Gakpo belum ada yang menemui sasaran. Meski lebih mendominasi, Belanda tak mampu menciptakan ancaman serius bagi pertahanan Turki.

Di sisi lain, Turkiye mampu meladeni permainan menyerang yang diperagakan pasukan Belanda. Meski kebanyakan serangan yang dilakukan berujung dengan tendangan jarak jauh, yang sayangnya tak mencapai target.

Toh, satu-satunya upaya on target yang berhasil didapat Turkiye di babak pertama berhasil membuahkan gol pada menit ke-35. Samit Akaydin menyambut umpan silang Arda Guler ke tiang jauh dengan sebuah sundulan keras yang tak bisa ditepis Verbruggen.

Babak pertama pun ditutup dengan skor sementara 1-0 untuk Turkiye.

Babak kedua baru berjalan beberapa menit, Turkiye nyaris memperbesar keunggulan mereka. Namun tendangan Arda Guler mengarah tipis di tiang gawang Verbruggen.

Seperti halnya babak pertama, Belanda pun tetap tampil lebih mendominasi pada babak kedua. Namun, lagi-lagi pasukan De Oranje seolah kesulitan mendapatkan peluang yang jadi ancaman serius bagi Turkiye.

Alhasil, setelah sekian peluang mereka ciptakan, gol pun tiba pada menit 70. Berawal dari tendangan sudut, Depay mengirim bola dengan akurat ke depan gawang Turkiye. De Vrij yang tak terkawal dengan leluasa menyundul bola dengan keras  ke gawang Turkiye.

Belanda pun berbalik unggul, ketika lagi-lagi serangan dari sisi kiri pertahanan Turkiye mampu dimaksimalkan oleh Cody Gakpo. Sambil menjatuhkan diri, penyerang Liverpool ini masih bisa mendorong bola hingga meluncur ke dalam gawang Mert Gunok.

Sekitar 5 menit jelang laga usai, Türkiye sempat meraih 2 peluang emas. Sayangnya, dua tendangan terarah mereka masih bisa dimentahkan barisan pertahanan Belanda yang harus jatuh bangun mengadang bola.

Türkiye pun terus menekan di sisa waktu yang ada. Dan satu peluang emas kembali didapatkan saat laga memasuki tambahan waktu. Namun, lagi-lagi barisan pertahanan Belanda mampu memblok tendangan agar tidak sampai ke gawang mereka.

Setelah berjuang keras menahan gempuran Türkiye, Belanda pun akhirnya bersuka cita saat wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Dan untuk kali pertama dalam dua dekade terakhir, Belanda mampu lolos ke semifinal Piala Eropa. Belanda akan meladeni Inggris dalam laga yang akan dilangsungkan di Dortmund pada Rabu waktu setempat (10/7).

Belanda 2-1 Türkiye

(De Vrij 70′, Gakpo 76′ – Akaydin 35′)

Belanda: Verbruggen, Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake (Van de Ven 73′), Scounten, Simons (Zirkzee 87′), Reijnders (Veerman 73′), Bergwijn (Weghorst 46′), Depay (Frimpong 87′), Gakpo

urkiye: Mert Gunok, Ayhan)Kilicsoy 89′), Akaydin (Tosun 82′), Bardakci, Muldur (Celik 82′), Kadioglu, Yilmaz, Ozcan (Yokuslu 77′), Calhanoglu, Yildiz (Akturkoglu 77′), Guler.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait