Ngomong-ngomong Soal:  Intervensi Digital dalam Seni, Sastra dan Ilmu Pengetahuan

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Setelah sukses menyelenggarakan Siniar Salihara musim ketiga di awal 2023 dengan tema Penulis Perempuan kali ini Salihara hadir kembali dengan Ngomong-ngomong Soal: Intervensi Digital dalam Seni, Sastra dan Ilmu Pengetahuan.

Dalam musim keempat ini program Siniar Salihara akan dipandu oleh moderator, Rebecca Kezia yang akan berbincang mengenai Humaniora Digital atau Digital Humanities terhadap posisi sentral manusia.

Dalam pembahasan tiga episode ini kita akan diajak merenungkan bagaimana teknologi beririsan dengan cabang-cabang disiplin seni dan mengubah cara pandang manusia dalam mengapresiasi seni.

Tidak hanya itu, diskusi ini juga akan mendiskusikan bagaimana respon manusia saat teknologi mulai masuk ke kehidupan sehari-hari dan bagaimana kita berinteraksi dengannya.

Siniar Salihara 2023 musim keempat sudah bisa didengarkan melalui kanal-kanal audio dan video Komunitas Salihara. Berikut adalah jadwal penayangan program kami:

Episode 1: Reformasi Ilmu dalam Budaya Digital

Narasumber: Fajar Ibnu Thufail | Tayang Perdana: 09 Oktober 2023

Dengarkan di sini

*******

Hampir semua aspek kehidupan manusia dipengaruhi oleh teknologi digital serta mengubah cara bertindak dan cara berinteraksi kita dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pengaruh teknologi digital masuk dalam salah satu cabang ilmu pengetahuan yaitu humaniora, yang mempertanyakan kembali tentang manusia dan sekitarnya. Tapi, bagaimana posisi manusia ketika teknologi digital telah masuk dalam ilmu humaniora? Apakah ada yang berubah dan apakah perubahan ini memperkaya cara pandang kita dalam memaknai kehidupan?

Episode 2: Puitika Mesin: Pedang Bermata Dua

Narasumber: Martin Suryajaya | Tayang Perdana: 16 Oktober 2023

Dengarkan di sini

********

Sastra sebagai salah satu cabang penciptaan sebuah kesenian yang lekat dengan unsur kepengarangan seperti adanya konteks, sejarah, dan bentuk bahasa yang menjadi ekspresi pengarangnya, kini telah dimasuki oleh sesuatu yang lebih objektif melalui kerja teknologi digital seperti adanya perangkat kecerdasan atau AI. Namun, apa sebetulnya yang hendak ditawarkan melalui usaha atau eksperimen ini? Apakah hal ini dapat memperkaya pembacaan kita dalam mengapresiasi karya sastra?

Episode 3: Imajinasi, Manipulasi dan Ilusi dalam Rupa Digital

Narasumber: Bob Edrian | Tayang Perdana: 23 Oktober 2023

Dengarkan di sini

Hubungan antara teknologi digital dengan seni rupa sebetulnya bukanlah hal yang baru. Hubungan tersebut juga tidak lepas dari beberapa aspek yang memengaruhi pemutakhiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari kita. Melalui prinsip kerja ini dan semakin canggihnya teknologi digital yang bisa kita gunakan untuk mencipta atau mengapresiasi, adakah perubahan dalam cara kita memandang seni? Dan bagaimana relasi antara seniman, teknologi, karya, dan audiensnya?

Diskusi lengkap terkait tiga topik intervensi digital ini sudah bisa didengarkan melalui  kanal Siniar Salihara di Spotify, Apple Podcast dan aplikasi NOICE, serta dapat ditonton di kanal YouTube Komunitas Salihara. 

Tentang Komunitas Salihara Arts Center

Komunitas Salihara Arts Center adalah sebuah institusi kesenian dan kebudayaan yang selalu menampilkan kesenian terkini dari Indonesia dan dunia, baik yang bersifat pertunjukan maupun edukasi, dalam lingkungan kreatif dan sejuk di tengah keramaian selatan Jakarta.

___________________________________________________________________ 

Untuk mengetahui detail pertunjukan silakan kunjungi sosial media Komunitas Salihara: Twitter @salihara | Instagram @komunitas_salihara | atau hubungi: media@salihara.org

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Pemuda Kawal Pemilu Desak KPK Usut Sirekap KPU

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginvestigasi penggunaan anggaran untuk membuat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Desakan tersebut...

Berita Terkait