Hari Ini , Jumat 2024 : DKI Jakarta , Lampung , Banten, Jatim , Kalteng , Hingga Papua Diprediksi Hujan Lebat

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Jumat, termasuk Aceh,DKI Jakarta,Banten ,,Gorontalo , Jambi,Jawa Timur ,Kalimantan Selatan,Kalimantan Tengah ,Maluku ,Papua ,Riau,Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga mengingatkan adanya risiko serupa untuk wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatra Barat.

Selain itu, BMKG menjelaskan bahwa hujan petir diperkirakan terjadi di Jawa Barat, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Sulawesi Tenggara.

BMKG juga memberikan peringatan dini mengenai risiko hujan lebat di Lampung, Jambi, Kalimantan Timur, dan Sumatra Utara.

Sementara itu, Bengkulu diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga lebat, dan Nusa Tenggara Timur diperkirakan akan diterpa angin kencang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) memiliki dampak positif di tengah perubahan iklim yang terjadi.

Hal ini disampaikan Dwikorita saat pertemuan Bilateral dengan Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik, dan Perikanan Tunisia, Abdelmonaam Belaati, pada acara World Water Forum 2024 di Bali.

“Seiring dengan tingginya intensitas cuaca ekstrem, negara kita banyak menderita akibat bencana. Itulah mengapa TMC menjadi salah satu pendekatan mitigasi yang bisa dilakukan saat kita terancam,” ujar Dwikorita.

Ia menjelaskan bahwa TMC dapat dilakukan untuk mengurangi dampak bencana seperti cuaca ekstrem akibat perubahan iklim, misalnya cuaca ekstrem yang disebabkan oleh fenomena El Nino pada tahun 2015, 2016, dan 2019, yang menyebabkan banyak wilayah mengalami kekeringan dan kebakaran hutan.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Truk Listrik Fuso eCanter Pertama Diserahkan Kepada Konsumen Yusen Logistic

KORANBOGOR.com,TANGERANG-Yusen Logistic menjadi konsumen pertama truk listrik Fuso eCanter. Penyerahan unit pun langsung dilakukan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian...

Berita Terkait