Kemitraan Riset Australia-Indonesia Diluncurkan di Seluruh Sulawesi

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Hari ini, Australia dan Indonesia bersama-sama meluncurkan sebuah kolaborasi universitas dan riset bilateral untuk Sulawesi melalui Kemitraan Riset Australia Indonesia (PAIR).

Program ini diluncurkan oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM dan pejabat senior Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Profesor Faiz Syuaib.

Kolaborasi inovatif ini menjadi sebuah lompatan besar ke depan dalam kemitraan penelitian antara Australia dan Indonesia, dengan kedua pemerintah berinvestasi atas dasar kesetaraan.

“Saya senang meluncurkan inisiatif ini yang membawa Australia dan Indonesia bersama-sama dalam menangani tantangan bersama,” ujar Duta Besar Williams.

“Kolaborasi kami sebelumnya melalui PAIR Sulawesi Selatan telah membangun fondasi yang kuat untuk mengembangkan kebijakan berbasis bukti. Sekarang, kami memperluas lingkup operasi di seluruh Sulawesi,” Dubes Williams menambahkan.

PAIR bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan kebijakan, mempertemukan para peneliti dengan para pembuat kebijakan dan kelompok masyarakat untuk meningkatkan hasil dari sebuah kebijakan. Melalui PAIR, para peneliti terkemuka Australia dan Indonesia bekerja sama dengan pemerintah untuk meneliti masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama, seperti perubahan iklim dan pengembangan energi terbarukan.

“Inisiatif ini akan menjadi sebuah landasan untuk berbagi pengetahuan hingga kebijakan. Hal ini akan memastikan bahwa penelitian yang dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia memiliki dampak yang lebih luas dan mendalam bagi masyarakat melalui solusi lokal untuk mengatasi tantangan lokal,” kata Profesor Faiz Syuaib.

Tentang PAIR Sulawesi

PAIR Sulawesi merupakan inisiatif dari Australia Indonesia Centre (AIC), sebuah konsorsium universitas riset terkemuka di kedua negara. PAIR Sulawesi dibangun di atas misi AIC untuk memajukan hubungan antarmasyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, inovasi, dan budaya. Lembaga utama AIC adalah Monash University. Institusi jangkar untuk PAIR Sulawesi adalah Universitas Hasanuddin.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi PAIR | Kemitraan Riset Australia Indonesia (australiaindonesiacentre.org)

Pertanyaan Media: Public-Affairs-JAKT@dfat.gov.au

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Samsung Siapkan Ponsel AI Masa Depan

Foto: Samsung Galaxy Z Fold 6 (Istimewa) KORANBOGOR.com-Galaxy AI menjadi salah satu fitur andalan yang dibawa perangkat terbaru Samsung, termasuk...

Berita Terkait