Pengamat Anggap Putusan MA Memuluskan Jalan Kaesang Pangarep Maju Di Pilkada2024

Harus Baca

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menganggap putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah syarat usia minimal cagub-cawagub menjadi 30 tahun terhitung sejak pelantikan menguntungkan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),Kaesang Pangarep.

“Perubahan itu tentu memuluskan Kaesang untuk maju pada Pilkada2024 baik di Jakarta maupun daerah lain,” kata Jamiluddin kepada awak media, Sabtu (1/6).

Mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta itu bahkan menganggap Jokowi selaku ayah Kaesang bakal mengerahkan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) agar sang anak bisa menjadi cawagub.

Ayahnya akan mudah mengerahkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusungnya baik sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur. Kaesang tinggal meminta maunya di posisi yang mana,” lanjut Jamiluddin.

Menurutnya, urusan Kaesang maju pilgub tergantung dari kemauan suami Erina Gudono itu setelah sisi hukum dan politik bakal mudah dilalui.

“Jadi, maju tidaknya Kaesang di Pilgub Jakarta sangat tergantung pada dirinya. Keputusannya tampaknya akan diikuti KIM dengan senang hati,” kata Jamiluddin.

MA sebelumnya mengabulkan permohonan Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana seperti tertuang dalam Putusan Nomor 23 P/HUM/2024.

MA dalam putusannya menganulir batas usia minimal calon kepala daerah yang tertuang dalam Pasal 4 Ayat (1) huruf d Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020.

Syarat usia kandidat di pilkada yang awalnya minimal berusia 30 tahun untuk cagub-cawagub dan 25 untuk calon bupati-wakil bupati serta cawalkot-cawawalkot terhitung sejak penetapan paslon, diubah menjadi setelah pelantikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Partai Negoro Menolak Jokowi Masuk DPA Pemerintahan Prabowo

Foto: DPP Partai Negoro ) KORANBOGOR.com,JAKARTA-Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dianggap hanya untuk memberikan imunitas politik dan hukum. Karena itulah DPP Partai...

Berita Terkait